MENGURANGI UKURAN FILE PDF

Ketika kita membuat file PDF dari sebuah file dokumen biasa atau dari image, mungkin saja ukuran file lebih besar dari aslinya ( source nya ). Ukuran file PDF dipengaruhi beberapa hal , yaitu : resolusi image / gambar, type image, font, versi PDF dan level kompresi.

Berikut beberapa tips untuk membuat ukuran file PDF lebih kecil ketika bekerja dengan program Adobe Acrobat ( under windows ).

1. Gunakan perintah SAVE AS
Ini saran nomor 1 dari Adobe untuk mengurangi size PDF, ketika kita melakukan editing file PDF .

2. Gunakan PDF Optimizer
Pada Adobe Acrobat versi 7,  Pilih menu Advanced > PDF Optimizer > Audit Space Usage

3. Pengaturan Graphic / Image
Gunakan graphic basis vektor jika memungkinkan.  Jika harus meng-insert sebuah graphic sebagai bitmap, lakukan maximum compression dan minimum dimensions.

Untuk kompresi image, pada Adobe Acrobat , pilih Advanced > PDF Optimizer, dan pada tab images pilih compression options for color, grayscale, and monochrome images. Atau pilih Enable Adaptive Compression dan drag ( tarik ) slider untuk menentukan file size dan quality.

4. Pengaturan Color ( Warna )
Jika file PDF digunakan untuk Web atau hal lain yang tidak memperdulikan warna , maka gunakan RGB color daripada CMYK.

5. Pengaturan Fonts
Fonts menyita banyak space. Batasi penggunaan Font Type dalam dokumen. Jika memungkinkan, jangan ‘embeded’ fonts. Tetapi jika dokumen memerlukan tampilan tertentu, batasi banyaknya font yang di-embeded.

BAGAIMANA MENGURANGI SIZE PDF YANG SUDAH ADA ?

Pemakai Windows, dapat menggunakan program/tool seperti :

Adobe Acrobat (by: Adobe.com   – shareware)

PDFCompressor (by: NicePDF.com  – Freeware )

Online Konversi di docupub.com/pdfcompress/

dan masih banyak lagi .. banyak yg Shareware.

Saya pernah coba pakai PDFCompressor untuk  mengecilkan file PDF 18 MB menjadi 4 MB. Lumayan.

Sedangkan bagi pemakai Linux, dapat memakai program KPDF.

Berikut ini akan penulis bahas mengenai cara memperkecil ukuran / size file PDF menggunakan KPDF ( under Linux )

Berikut ini langkahnya :
1. Buka file PDF dengan program KPDF
2. Pada menu bar pilih File –> Print . Ini akan membuka kotak dialog print
3. Pada Name Printer, pilih Print to File (PDF) , dan pilih Properties
4. Pada dialog yang muncul, pilih Driver Settings. Pada Image Option, pastikan Enabled semua pilihan Compression, baik pada Color image, Grayscale atau mono image. Pada opsi Fonts, Jika mungkin, disable pilihan Embed All Font.

5. Selanjutnya Klik OK. Kembali lagi ke Dialog Print. Pada tab PDF Options, pilih Force rasterization.
6. Pada kotak Output File: tentukan folder dan nama file baru.
7. Klik Print , untuk membuat PDF baru ( yang sudah dikompres ).

Selesai .!!! Silahkan periksa file PDF baru tadi. Pastikan ukurannya akan lebih kecil. Pernah penulis mengkompress file PDF ukuran 21 MB menjadi 1 MB.  Fantastis.!!!

Klik link berikut PDFCompressor , untuk download program tsb.

About these ads

26 Responses

  1. thanks gan!
    info compress file pdf sangat berguna….

  2. g ngaruh jing g guna info nya..thanks

  3. membantu banget nih infonya, makasih ya :)

  4. Tengkiu berat Bro. Ngebantu banget infonya.

  5. cara mengecilkan file pdf dengan nuance pdf converter profesional 8

  6. @Phauzeea ; Langsung sj ke site nicepdf.com

  7. PDF Compressor donlodnya dimana ya mas? mohon bantuannya? makasi

  8. thanks mas bro….infonya

  9. perlu dicoba ni

  10. makasih ya sharingnya, saya sudah donlod pdf compressornya dan agak terbantu. tapi kok cuma sedikit ya compressnya, dari 3232kb jadi 2834kb, dan pas dicoba lagi dari file yg udah di compress, tetap aja 2834kb T_T kalau ada tipsnya yg lain biar bisa jadi 323kb aja, share dong..

  11. sangat membantu…
    makasih :)

  12. tak ada link donlot app-nya boz?

  13. Bisa juga, kalo mau pake Coreldraw. Tetapi perlu diingat, semua program tidak ada bisa memastikan bahwa file pasti akan menjadi kecil. Selain itu Program coreldraw adalah progrm membutuhkan memori dan space HDD yang besar.

  14. Pake program Coreldraw aja,,,ukuran 1.8 MB bisa jadi 75 KB…

  15. @Amy : Kalo masih tetap ukurannya, mungkin file PDF nya sudah dioptimize sebelumnya oleh program PDF creatornya, Jadi tidak dpat lagi dikompress / dioptimize lagi.

    Coba pakai software lain untuk optimize..

    thanks
    salam

  16. mas. knp ga ada perubahan ya (saya pake PDFCompressor.exe) tapi ttp aja ukuran filenya ga berubah

  17. trims infonya,, semoga menjadi amal jariyah…

  18. thanks mas infonya…….

  19. bisa di beri tahu gak mas cara2/ langkah2 compress nya..
    thanks..

  20. Thanks ilmuanya mas,, sngat berarti sekali dlm situasi dan pekerjaan saya skarng.. terus maju dn berbagi hal2 baru..

  21. @ Meri : Untuk OS Windows, silahkan pakai tool PDFCompressor.exe . Ini lisensinya Freeware. Mudah penggunaannya.

    @Jafar : Waalaikumslm. Dicoba dulu dgn tool PDFCompressor ini. Dari uji coba , bisa kompress menjadi 25% dari file size aslinya. Kalau 80 MB masih belum dapat menjadi 10 MB / dibawahnya, mungkin perlu dibagi 2 file PDF nya.

  22. aslm…sy sering memakai file PDF dan kapasitasnya besar jadi ga’ bisa di upload ke internet…filenya berasal dari hasil scan..ukurannya sekitar 80 mb.. itu sekitar 30 halaman (PDF) dan yg bs dikirim harusnya di bawah 10 mb ke sebuah portal pemerintah.gimana caranya spy file PDF bs di perkecil padahal sdh sy convert ke winrar/winzip..Trims. wassalam.

  23. mohon diposting juga untuk memperkecil ukuran file di windows dong

  24. @Topan : sama-sama mas

    @Junadi : boleh tahu, itu asalnya fromat file apa ? dan ukurannya berapa ?

  25. Boss saya masih belum paham memperkecil ukuran file pdf menjadi 500 KB sudah saya perkecil gambarnya malah ukurannya bisa 1000KB lebih?!. Mohon keterangan serta penjelasannya.

  26. Nice info
    Thanks.. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: